Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di Kelas III SD Negeri 117983 Bakaran Batu Rantau Prapat

Marni, Cut (2023) Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di Kelas III SD Negeri 117983 Bakaran Batu Rantau Prapat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di lataribelakangiioleh kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru pada materi perubahan wujud benda. Pemahaman konsep serta kemampuan siswa dalam memahami pelajaran terutama materi perubahan wujud benda sangat kurang dan tidak berkembang. Guru berperan sebagai satu-satunya sumber belajar dan jarang menggunakan media ataupun model dalam proses pembelajaran seehingga banyak siswa yang tidak mengerti tentang pemahaman materi perubahan wujud benda. Penelitianii ini imerupakan ipenelitian itindakan ikelas (iPTK) idengan metodei isiklus. iDalam ipenelitian iini ipeneliti ibertugas isebagai guru. iSubjek dalami i penelitian iini iadalah isiswa ikelas III SD Negeri 117983 Bakaran Batu, Rantau Prapat. Tekniki ipengumpulan idata idalam ipenelitian iini iyaitu iobservasi idan soal tes. Hasil ipenelitian imenunjukkanibahwa ada peningkatan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Hal ini dibuktikan dari hasil tes awal ke siklus I sampai siklus II. Dimana pada tes awal rata-rata nilai siswa 61% kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 63,33% menjadi 68%, pada siklus II dari 73,66% menjadi 80,66%. Presentase siswa yang tuntas pada tes awal yaitu 23,33% kemudian meningkat pada siklus I dari 33,33% menjadi 40% dan pada siklus II dari 66,66% menjadi 83,33%. Presentase siswa yang tidak tuntas pada siklus I dari 66,66% menjadi 60% dan pada siklus II dari 33% menjadi 16,66%. Sesuai dengan indikator tindakan pada skripsi ini, dimana siswa sudah mencapai presentase ketuntasan belajar sebesar 83,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dwi Maulida Sari, M.Pd.
Keywords: Discovery learning; Hasil belajar; Perubahan wujud benda
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:06
Last Modified: 27 Apr 2023 08:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item View Item