Putri, Mentari Anugrah (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model inkuiri terbimbing pada materi gaya gerak benda di Kelas IV MIN 2 Kota Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dan masalah mi adalah siswa belum sepenuhnya tuntas dalarn basil belajar pada materi gaya terhadap gerak benda, siswa kelas IV MIN 2 Kota Sibolga memiliki nilai hasil belajar yang masih rendah, hal itu bias terlihat berdasarkan sikap dan jawaban siswa pada saat belajar ilmu pengetahuan alam, dan di saat di berikan tes awal mengenai gaya terhadap gerak benda. Penilaian mi bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya terhadap gerak benda dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV MEN 2 Kota Sibolga. Rumusan masalah penelitian mi adalah apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya terhadap gerak benda melalui model inkuiri terbimbing di kelas IV MIN 2 Kota Sibolga?. Penelitian mi bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya terhadap gerak benda melalui model inkuiri terbimbing di kelas IV MIN 2 Kota Sibolga. Penelitian mi merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode sikius. Dalam penelitian mi peneliti bertugas sebagai guru.Subjek dalam penelitian mi adalah siswa kelas IV MIN 2 Kota Sibolga.Teknik pengumpulan data dalam penelitian mi yaitu observasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif. Hasil penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa kelas IVMIN 2 Kota Sibolga mengalami peningkatan rnelalui pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing. Peningkatan hasil belajar siswa ditunj ukkan berdasarkan hasil tes yang telah di persentasekan pada sikius I pertemuan I 65,78%, siklus I pertemuan II 72,10%, yang memiliki rata-rata 67%.Dan hasiltes yang dibagikan kepada siswa sikius II pertemuan I 80,52%, siklus H pertemuan 1 85,26%. Karena peningkatan hasil belajar telah mencapai sesuai dengan yang di harapkan.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan basil belajar siswa dalam materi gaya terhadap gerak benda pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Dwi Maulida Sari, M.Pd. |
Keywords: | Model inkuiri terbimbing; Materi gaya terhadap gerak benda pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 07:43 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8671 |
Actions (login required)
View Item |