Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran tematik materi sumber energi untuk peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan

Lubis, Rini Mayasari (2022) Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran tematik materi sumber energi untuk peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa pada materi Sumber Energi tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan, mengantuk, dan tidak menyukai mata pelajaran ilmu pengetahuan alam karena pembelajarannya dominan membahas tentang teori, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang ide, imajinasi siswa yaitu berupa media pembelajaran Pop Up Book materi Sumber Energi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana rancangan dan praktikalitas media pembelajaran Pop Up Book untuk peningkatan hasil belajar siswa materi Sumber Energi di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan penggunaan media pembelajaran, dan kepraktikalitasan media pembelajaranPop Up Book materi Sumber Energi di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach & Development)dengan menggunakan model ADDIE (Analysis,Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan dengan subjek uji coba produk di kelas VI-C berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis validitas, dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 78% , ahli media sebesar 100%, dan ahli bahasa sebesar 70%, kemudian hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 83% dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan telah dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 86%. Selanjutnya hasil pemberian soalpretestdan postest dilakukan uji signifikansi dengan menggunakan program SPSS versi 23 dengan sig (2 tailed) = 0, 00<0,05, artinya adanya peningkatan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran Pop Up Book dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. Hal ini dinyatakan bahwa media Pop Up Book itu efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Pengembangan media pembelajaran pop up book; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Apr 2023 07:31
Last Modified: 27 Apr 2023 07:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item