Hidayah, Husni (2023) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas v di SDN XI Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa di kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang percaya diri terhadap dirinya sendiri, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari siswa cenderung pasif. Siswa malu bertanya di depan kelas, siswa lebih banyak diam dan ragu-ragu dalam menyampaikan gagasan dan ide. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Salah satunya dengan menggunakan metode Role Playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh kabupaten Pasaman Barat? Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode Role Playing di kelas V SD Negeri XI Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri XI Gunung tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari keterampilan berbicara pra siklus hanya 20% (5 siswa) dengan rata-rata 48,6 dengan keterampilan berbicara kurang. pada siklus 1 sudah mulai ada peningkatan dari keterampilan awal siswa dengan siswa yang tuntas diperoleh nilai rata-rata 57,6 (9 siswa) dengan persentase 30% dengan keterampilan berbicara cukup. Pada pertemuan 2 meningkat menjadi 70,92 (13 siswa) dengan persentase 52% dengan keterampilan berbicara cukup. kemudian pada siklus ll pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 77,4 (18 siswa) dengan persentase 76% dengan keterampilan berbicara baik meningkat lagi pada pertemuan ke-2 mencapai 84,6 (23 siswa) dengan persentase ketuntasan 92% dengan keterampilan berbicara sangat baik. Dengan demikian keterampilan berbicara siswa dari siklus l sampai siklus ll mengalami peningkatan dengan menggunakan metode Role Playing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
Keywords: | Keterampilan berbicara; Penelitian tindakan kelas; Metode role playing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 02:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8667 |
Actions (login required)
View Item |