Fitriyanti, Fitriyanti (2023) Layanan informasi bimbingan dan konseling dalam membentuk persepsi masyarakat tentang penggunaan Keluarga Berencana (KB) di PPKB Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1830200060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Minimnya pengetahuan masyarakat tentang KB dikarenakan pada masa pandemi Covid-19 di tahun 2021 pelaksanaan layanan informasi tentang KB terhambat sehingga ada beberapa persepsi masyarakat khususnya PUS tentang penggunaan KB masih negatif. Layanan informasi ini menjadi sebuah cara untuk mengubah persepsi masyarakat agar lebih baik sehingga lebih mengetahui tentang program KB. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan informasi bimbingan dan konseling dalam membentuk persepsi masyarakat tentang penggunaan KB oleh PPKB Kota Padangsidimpuan, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan layanan informasi bimbingan dan konseling tentang penggunaan KB, serta bagaimana persepsi masyarakat setelah pelaksanaan layanan informasi bimbingan dan konseling tentang penggunaan KB. Kajian teoritis dalam penelitian ini yaitu layanan informasi bimbingan dan konseling oleh PKB dan PLKB Kota Padangsidimpuan dilakukan melalui beberapa cara seperti: bimbingan kelompok, konseling individu, tanya jawab, dan ceramah agar masyarakat khususnya PUS mengetahui dan memahami tentang program KB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah PKB dan PLKB Kota Padangsidimpuan sebanyak 12 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh PKB dan PLKB menggunakan cara dengan sosialisasi, penyuluhan, serta kunjungan rumah. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan peneliti faktor penghambat dalam pelaksanaan layanan informasi disebabkan karena kesibukan masyarakat dalam bekerja, kurangnya dukungan suami serta minimnya pengetahuan masyarakat. Selanjutnya faktor pendukungnya, adanya dukungan pemerintah, fasilitas yang tersedia dan SDM yang memadai. Setelah pelaksanaan layanan informasi tentang penggunaan KB, masyarakat lebih mengetahui tentang jenis dan manfaat KB sehingga lebih selektif memilih KB yang cocok dengan fisiknya meskipun ada beberapa masyarakat yang sulit menerima penggunaan KB dikarenakan pengaruh kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan KB.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Arifin Hidayat, S.Sos.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Layanan informasi; Bimbingan; Keluarga Berencana (KB) |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111710 Health Counselling 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 01:21 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 01:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8655 |
Actions (login required)
View Item |