Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode sosiodrama pada pembelajaran SKI materi perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs.S Jabalul Madaniyah Sijungkang Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Nasar (2016) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode sosiodrama pada pembelajaran SKI materi perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs.S Jabalul Madaniyah Sijungkang Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100250.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran SKI di MTs.S Jabalul Madaniyah Sijungkang. Metode yang digunakan adalah metode ceramah yang bisa membuat siswa merasa jenuh dan bosan sehingga berakibat terhadap kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajaran SKI. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan perbaharuan metode mengajar yaitu metode sosiodrama terutama pada materi perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sosoidrama dalam peningkatan hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs.S Jabalul Madaniyah Sijungkang yang berjumlah 28 Siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin. Hasil nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 38,57 dan siswa yang tuntas 3 orang. Pada siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata kelas siswa 47,85 dan siswa yang tuntas 6 orang, siklus I pertemuan kedua nilai rata-rata kelas siswa 63,57 dan siswa yang tuntas 12 orang. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas siswa 73,57 dan siswa yang tuntas 17 orang, selanjutnya pada siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata kelas siswa 83,57 dan siswa yang tuntas 23 orang. Berdasarkan hasil belajar yang didapat siswa setelah melakukan beberapa kali pertemuan, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode sosiodrama pada pembelajaran SKI materi perkembangan Islam masa Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs.S Jabalul Madaniyah Sijungkang Kabupaten Tapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sosiodrama; SKI; Khulafaur Rasyidin
Subjects: 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 24 Apr 2020 08:10
Last Modified: 24 Apr 2020 08:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item