Lubis, Saripah Aini (2016) Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam di Desa Banjar Malayu, Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113100129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa saja nilainilaipendidikan Islam yang ditanamkan orangtua terhadap anak di Desa Banjar Malayu, Kecamatan Batang Natal, Bagaimana peran orangtua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak di Desa Banjar Malayu, Kecamatan Batang Natal, Apa saja faktor pendukung dan penghambat orangtua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islamterhadap anak di Desa Banjar Malayu, Kecamatan Batang Natal. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui nilainilaipendidikan Islam yang ditanamkanorangtuaterhadapanakdi Desa Banjar Malayu, Kecamatan Batang Natal, untuk mengetahui peran orangtua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak di Desa Banjar Malayu, Kecamatan Batang Natal, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat orangtua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak di Desa Banjar Malayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode yang digunakan deskriptif yang bertujuan untuk menggambar keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks penelitian. Hasil penelitian ini, nilai-nilai yang ditanamkan orangtua terhadap anak adalah:aspek akidah,aspek syari’at danaspek akhlak. Peran orangtua terhadap anak adalah:menanamkan nilai akidah/kepercayaan kepada Allah, kepercayaan kepada Rasul, Memberikan contoh teladan kepada anak,mengajari berbuat kebenaran dalam perkataan dan kelakuan, berbuat kesopanan dalam pergaulan sehari-hari, memuji anak selalu berbuat kebenaran, menanamkan nilai akhlak. Adapun faktor pendukung dan penghambat orangtua menanamkan nilai-niai pendidikan Islam terhadap anak: keteladan orangtua dalam menjalankan agama Islam, adanya waktu yang tersedia, adanya fasilitas dan lembaga pendidikan Islam di lingkungan, kesadaran dan keuletan orangtua terhadap pelaksanaan pendidikan agama, lingkungan masnyarakat yang agamis. Adapun faktor penghambatnya adalah situasi dan lingkungan hidup, kondisi ekonomi, kurangnya kesadaran beragama, sikap orangtua dan minimnya pengetahuan tentang agama, kurangnya mengadakan pengajian agama, kurangnya lembaga pendidikan, pekerjaan orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penanaman Nilai; Pendidikan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 24 Apr 2020 08:10 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 08:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/862 |
Actions (login required)
View Item |