Muliani, Satrina (2022) Determinan kepuasan konsumen dalam berbelanja di UD. Berlian Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama yang harus dipenuhi perusahaan dagang terutama dibidang grosir dan eceran khususnya UD. Berlian Natal. Dalam hal ini produk, harga, pelayanan dan lokasi merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Dalam kasus ini produk, harga, pelayanan dan lokasi sudah terbilang baik, namun kenyataannya belum dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap kepuasan konsumen. Hal ini bisa ditunjukkan dengan pendapatan yang UD. Berlian Natal yang berfluktuaktif. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, pelayanan dan lokasi UD. Berlian Natal terhadap kepuasan konsumen. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan kepuasan konsumen yang meliputi produk, harga, pelayanan, dan lokasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket kemudian di analisis dengan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 25. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, koefisien determinan R2, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa koefisien determinasi R2 (adjusted R Squarenya) sebesar 0,573. Hal ini menunjukkan bahwa variabel produk, harga, pelayanan, dan lokasi dapat menjelaskan kepuasan konsumen UD. Berlian Natal sebesar 57,3%. Sedangkan 42,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Secara parsial (uji t) tidak terdapat pengaruh produk terhadap kepuasan konsumen di UD. Berlian Natal, terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di UD. Berlian Natal, terdapat pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen di UD. Berlian Natal tidak terdapat pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen di UD. Berlian Natal. Secara simultan produk, harga, pelayanan, dan lokasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen UD. Berlian Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Adanan Murroh Nasution, M.A. |
Keywords: | Produk; Harga; Pelayanan; Lokasi; Kepuasan konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 07:30 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 07:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8598 |
Actions (login required)
View Item |