Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi bersaing untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada Usaha Mikro Kecil (UMK) kuliner (studi kasus pada Pondok Rambutan Mak Ogi Desa Salambue)

Rangkuti, Rapida Tasya (2023) Analisis strategi bersaing untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada Usaha Mikro Kecil (UMK) kuliner (studi kasus pada Pondok Rambutan Mak Ogi Desa Salambue). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pondok Rambutan Mak Ogi merupakan salah sata usaha mikro kecil (UMK) kuliner yang ada di Desa Salambue. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi bersaing yang digunakan Pondok Rambutan Mak Ogi dalam meningkatkan jumlah pelanggan?, dan bagaimana Analisis Business Model Canvas (BMC) terhadap strategi bersaing Pondok Rambutan Mak Ogi dalam meningkatkan jumlah pelanggan?. Adapun tujuan dan penelitian ini untuk mengetahui strategi bersaing Pondok Rambutan Mak Ogi untuk meningkatkan jumlah pelangan,dan bagaimana Analisis Business Model Canvas (BMC) terhadap strategi bersaing Pondok Rambutan Mak Ogi dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Teori yang digunakan penelitian ini berkaitan dengan manajemen strategi dengan menggunakan analisis Business Model Canvas (BMC) yang terdiri dari 9 blok yaitu (Custumer Segments, Value proposition, Chanels, Custumer Relations, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Patnership, Cost Structure. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan subjek penelitian yaitu pemilik Pondok Rambutan Mak Ogi dan pelanggan. Yang menggunakan sumber data yaitu data primer. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan teknik pengolahan data seperti, reduksi data, penyajian data, rckontruksi data dan Teknik analisis menggunakan tehnik Business Model Canvas (BMC). Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi bersaing yang digunakan oleh Pondok Rambutan Mak Ogi yaitu menggunakan strategi bersaing diferensiasi meliputi strategi diferensiasi produk, differensiasi pelayanan, diferensiasi personil, dan diferensiasi citra yang akan menghasilkan dampak baik untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Sedangkan hasil dan analasisi BMC yaitu Customer Segments pegawai kantoran, remaja dewasa, dan masyarakat pada umumnya, value proposititions produk bermutu, memiliki makanan khas tersendiri, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, channels penjualan secara langusung dan online, costumer relationship menjalin hubungan baik kepada pelanggan dengan memberikan promo, sering berbagi kepada yang membutuhkan reveu stream penjualan dan beberapa jenis menu makanan, key resources sumber daya utama dapat berbentuk sumberdaya manusia, sumberdaya fisik, sumberdaya finansial, sumberdaya intelektual, key activities aktivitas produksi, aktivitas jasa, key pansrtners peternak ikan, grosir dan pelaku pasar, COStS biaya bahan baku, biaya gaji pegawai, biaya listrik, dan komisi pejualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Stratcgi bersaing; Business Model Canvas (BMC)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:53
Last Modified: 03 Apr 2023 07:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8595

Actions (login required)

View Item View Item