Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh store atmosphere dan store image terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan

Mutiah, Minni (2022) Pengaruh store atmosphere dan store image terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan prioritas utama yang harus dipenuhi perusahaan terutama di bidang kuliner khususnya Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan. Pesatnya pertumbuhan di bidang industri jasa makanan dan minuman memicu tumbuhnya kafe di berbagai daerah dengan berbagai fasilitas dan tempat yang didesain semenarik mungkin. Hal ini mengakibatkan jumlah pengunjung Kopi Bagasta tidak stabil, yang biasanya ramai dan sekarang hanya berdatangan satu-persatu/sepi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan store image terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan kepuasan konsumen yang meliputi store atmosphere dan store image yang melalui keputusan pembelian. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara kenyataan dan harapan yang diterima dari sebuah produk atau jasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis jalur (path analysis). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear berganda, path analysis dan sobel test dengan menggunakan alat bantu statistik SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa diperoleh hasil pengukuran koefisien determinasi (R2) pada persamaan pertama sebesar 10,6% dan persamaan kedua sebesar 73,3%. Selain itu, pada hasil pengukuran uji parsial variabel store atmosphere dan store image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan, tetapi variabel store atmosphere dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan. Sedangkan store image tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan. Dari hasil pengujian uji statistik (uji f) bahwa store atmosphere dan store image secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan. Berdasarkan hasil sobel test dimana terdapat pengaruh store atmosphere dan store image terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian konsumen Kopi Bagasta Kecamatan Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Samsuddin Muhammad, S.E, M.Si
Keywords: Store atmosphere; Store image; Keputusan pembelian; Kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:39
Last Modified: 03 Apr 2023 07:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item