Dasopang, Siti Namora (2022) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan belanja online di marketplace Lazada (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan sosial, ekonomi dan budaya. Kemajuan teknologi informatika juga merambat perdagangan dengan melalui jaringan internet untuk berbelanja online. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online diantaranya adalah kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi. Hal ini mendorong mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan untuk berbelanja online. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan belanja online di marketplace Lazada Mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan belanja online di marketplace Lazada Mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan ilmu perilaku konsumen. Sehubungan dengan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 96 responden. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi dasar, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 24. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan belanja online di marketplace Lazada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.. Secara simultan kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap keputusan belanja online di marketplace Lazada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulakan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi memberi kontribusi sebesar 57% terhadap variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 43% dipengatuhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Kepercayaan; Kemudahan; Kualitas informasi; Keputusan pembelian |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 08:17 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8584 |
Actions (login required)
View Item |