Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran UD Pandasoran Plus di Kota Padangsidimpuan

Nst, Selvia Dahni (2022) Strategi pemasaran UD Pandasoran Plus di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

UD Pandasoran Plus merupakan salah satu unit usaha yang terdapat di Padangsidimpuan yang bergerak di bidang usaha dagang bahan bangunan. Rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana strategi pemasaran UD Pandasoran Plus di Kota Padangsidimpuaan saat ini dan masa yang akan datang dengan menggunakan analisis SWOT. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UD Pandasoran Plus di Kota Padangsidimpuaan saat ini dan masa yang akan datang dengan menggunakan analisis SWOT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran dengan 4P (Product, Price, Place, dan Promotion), analisis SWOT (Stength,Weakness, Opportunity dan Treath) dan matriks SWOT yang terdiri dari strategi S-O, strategi W-O, strategi S-T dan strategi W-T. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Matriks internal Factor Evaluation (IFE), Matriks eksternal Factor Evaluation (EFE), Internal-Eksternal (IE) dan Matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui yaitu dengan total skor hasil dari matriks IFE yaitu 2,93, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari matriks EFE yaitu 2,57. kemudian hasil dari kedua matriks IFE dan EFE digabungkan dan diperoleh matriks IE dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. maka posisi matriks IE diperoleh posisi pada sel V dibagian Kedua yaitu jaga dan dipertahankkan. Selanjutnya setelah IFE, EFE, IE, maka di dapatlah matriks SWOT yaitu dengan strategi S-O yaitu dengan Meningkatkan permintaan pasar, melengkapi barang yang belum ada pada saat ini dan membuat program yang baru seperti promosi yang menarik minat para calon pembeli, Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk UD Pandasoran Plus, Meningkatkan inovatif dan kreatif supaya diminati pelanggan. Strategi W-O meliputi: Menambah jaringan pemasaran, Mengoptimalkan pemasaran, Melakukan pelatihan terhadap karyawan. Strategi S-T meliputi: Meningkatkan dan memperluas jaringan pemasaran, Meningkatkan pelayanan dan menjalin hubungan yang baik dengan para pembeli dan menentukan harga yang bersaing, Mempromosikan produk melalui internet. Strategi W-T meliputi : Cepat dan tanggap apabila terjadi kesalahan atau kendala dalam produksi distribusi produk bahan bangunan, meningkatkan hubungan internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan M. Fauzan, M.E.I.
Keywords: UD Pandasoran Plus; Strategi pemasaran; SWOT
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:02
Last Modified: 31 Mar 2023 08:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item