Nasution, Melati Wahyuni (2023) Pengaruh media sosial dalam mendorong minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200178.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Masih banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan peluang dari media sosial dalam membuka sebuah usaha, padahal media sosial telah menyediakan peluang dari pemanfaatan teknologi yang maju yaitu dengan tersedianya online shop yang lebih praktis dan dapat membantu keuangan (uang saku) mahasiswa. Kemudian masih banyak mahasiswa yang lebih memilih berperilaku konsumtif padahal mereka telah memperlajari kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media sosial berpengaruh dalam mendorong minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori kewirausahaan. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan media sosial dan minat berwirausaha. Berwirausaha melalui media sosial merupakan salah satu jenis transaksi jual beli yang menggunakan media internet dalam penjualannya dengan banyak manfaat yang diperoleh dari model penjualan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 327 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 77 responden. Teknik pengumpulan sampel yaitu secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket/kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi (uji R2), dan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh dalam mendorong minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang menunjukkan bahwa secara parsial media sosial berpengaruh dalam mendorong minat berwirausaha mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Ihdi Aini, M.E. |
Keywords: | Media sosial; Minat berwirausaha; Kewirausahaan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 07:25 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 07:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8578 |
Actions (login required)
View Item |