Gultom, Winda Wulandari (2023) Strategi bauran pemasaran pedagang pasar tradisional dalam mempertahankan konsumen (studi kasus Pasar Dalihan Natolu Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200275.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Strategi Bauran Pemasaran sangatlah penting dalam mempertahankan konsumen. Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional dalam Mempertahankan Konsumen di Pasar Dalihan Natolu Kota Padangsidimpuan dengan banyaknya pasar modern yang muncul disekitarnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Bauran Pemasaran yang dilakukan oleh Pedagang Pasar Tradisonal Dalihan Natolu Kota Padangsidimpuan Dalam Mempertahankan Konsumen Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Strategi Bauran Pemasaran yang digunakan Pedagang Pasar Tradisional Dalihan Natolu Kota Padangsidimpuan dalam mempertahankan konsumen. Landasan teori dalam penelitian ini mencakup teori mengenai strategi pemasaran, Pasar Tradisional, Mempertahankan Konsumen, Bauran Pemasaran (Marketing Mix) serta beberapa kajian terdahulu yang terdiri dari beberapa karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena maksud dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi buran pemasaran pedagang pasar tradisional dalam mempertahankan konsumen di Pasar Dalihan Natolu Kota Padangsidimpuan.Dengan subjek penelitian, pedagang pasar.Instrument pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan.Sedangkan analisis kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Bauran Pemasaran yang dilakukan oleh para pedagang di Pasar Tradisional Dalihan Natolu kota Padangsidimpuan yaitu Strategi produk (product) yaitu memperbaharui barang menjadi lebih komplit, lengkap serta banyak pilihan model dan warna sesuai dengan permintaan , mempertahankan kualitas barang, harga (price) yaitu harga barang yang ditawarkan masih sangat terjangkau dan masih bisa ditawar oleh konsumen dan pedagang sering memberikan diskon, lokasi (place) yaitu lokasi pedagang sudah ditentukan oleh pengelola pasar, menjaga kebersihan dan kerapian tempat, promosi (promotion) yaitu berinteraksi langsung dengan pembeli dan memperlihatkan produk yang trend.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, S.E.I., M.A. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I. |
Keywords: | Bauran pemasaran; Pasar tradisonal; Strategi pemasaran |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 03:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8563 |
Actions (login required)
View Item |