Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT terhadap peningkatan penjualan ikan asin di Desa Pasar Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah

Sihombing, Ayu Rahmawati (2023) Analisis SWOT terhadap peningkatan penjualan ikan asin di Desa Pasar Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200277.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Terdapat beberapa pengusaha ikan asin di Desa Pasar Sorkam, mengatakan bahwa tingkat persaingan yang sangat ketat, dan permintaan ikan asin yang setiap harinya semakin meningkat akan tetapi pengusaha ikan asin belum dapat memenuhi permintaan pelanggan karena masih terkendala modal dan fasilitas yang belum memadai serta belum bisa menerapkan penjualan yang maksimal. Maka penting bagi pengusaha ikan asin untuk lebih memperhatikan bagaimana meningkatkan penjualan ikan asin agar lebih berkembang dengan menciptakan strategi alternatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan ikan asin di desa Pasar Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan analisis Swot terhadap peningkatan penjualan ikan asin sehubungan dengan itu pendekatan ini dilakukan dengan teori-teori yang berkaitan dengan analis Swot terhadap peningkatan penjualan yaitu membahas tentang analisis swot, faktor-faktor analisis swot, penjualan, dan konsep penjualan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan adata yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 informan. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penjualan ikan asin belum berkembang dikarenakan masih kurangnya SDM (sumber daya manusia) dalam melakukan promosi ikan asin akan tetapi usaha ikan asin di Desa Pasar Sorkam sudah layak untuk dikembangkan dan hanya saja terkendala modal dan fasilitas yang belum memadai. analisis SWOT sangat berperang penting terhadap peningkatan penjualan ikan asin untuk melihat situasi-situasi yang ada pada lingkungan usaha ikan asin, dan untuk analisis matrik SWOT menunjukkan bahwa penjualan produk ikan asin di Desa Pasar Sorkam adalah pada kondisi yang menguntungkan dimana usaha ikan asin ini memiliki peluang yang sangat besar, tetapi dilain pihak para pengusaha ikan asin menghadapi beberapa kendala internal. Fokus strategi dalam penjualan ikan asin ini adalah meminimalkan masalah-masalah internal sehingga dapat merebut peluang dalam penjualan. Strategi ini lebih fokus pada strategi SO yaitu dengan mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan, gencar dalam melakukan promosi dan strategi WO yaitu meningkatkan jumlah modal agar penjualan ikan asin kerana yang lebih luas, strategi ST yaitu meningkatkan kualitas produk dan menginovasi produk yang dihasilkan dan WT yaitu melakukan penambahan modal untuk menandingi pesaing dan menambah fasilitas dalam mengelola ikan asin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Analisis SWOT; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:57
Last Modified: 29 Mar 2023 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8562

Actions (login required)

View Item View Item