Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan dalam meningkatkan minat pengunjung pada wisata Kolam Renang Mata Air Siharang-Karang

Siregar, Jahrol Hayati (2022) Determinan dalam meningkatkan minat pengunjung pada wisata Kolam Renang Mata Air Siharang-Karang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200285.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah mahalnya harga tiket masuk pada objek wisata kolam renang mata air Siharang-karang dibandingkan dengan objek wisata kolam renang puncak Angkola. Tetapi pengunjung objek wisata kolam renang mata air Siharang-karang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pengunjung kolam renang puncak Angkola yang terdapat di Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, harga tiket, lokasi dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap minat pengunjung kolam renang mata air Siharang-karang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan, harga tiket, lokasi dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap minat pengunjung kolam renang mata air Siharang-karang. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori perilaku konsumen dan manajemen pariwisata. Teori minat membahas mengenai minat wisatawan, faktor-faktor yang memengaruhi minat wisatawan, kualitas pelayanan, harga tiket, lokasi dan fasilitas. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Accidental dengan jumlah 79 responden dimana penentuannya dengan menggunakan rumus Yamane Taro. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokolerasi, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel kualitas pelayanan dan lokasi tidak berpengaruh terhadap minat pengunjung kolam renang mata air Siharang-karang, akan tetapi variabel harga tiket dan fasilitas berpengaruh terhadap minat pengunjung kolam renang mata air Siharang-karang. Hasil uji simultan (uji F) kualitas pelayanan, harga tiket, lokasi dan fasilitas berpengaruh secara simultan terhadap minat pengunjung kolam renang mata air Siharang-karang. Variabel kualitas pelayanan, harga tiket. Lokasi dan fasilitas memberikan pengaruh sebesar 16,2% terhadap minat pengunjung kolam renang mata air Siharang-karang sedangkan 83,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Fasilitas; Harga; Kualitas pelayanan; Lokasi; Minat berkunjung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:46
Last Modified: 29 Mar 2023 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8561

Actions (login required)

View Item View Item