Caniago, Nurhafizah (2022) Determinan keputusan pembelian terhadap produk Shampoo Sunsilk pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200296.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Produk shampoo sudah menjadi suatu kebutuhan di kalangan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Shampoo menjadi hal yang sangat diperlukan oleh setiap orang. Produk shampoo sunsilk menempati peringkat ketiga dalam TOP Brand Indeks namun hal tersebut berbeda dengan hasil yang diperoleh melalui google form yang dimana produk shampoo sunsilk menduduki peringkat pertama dan paling diminati oleh mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2018-2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah brand image dan tagline berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk shampoo sunsilk pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand image dan tagline terhadap keputusan pembelian produk shampoo sunsilk pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan perilaku konsumen, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan ialah teori-teori yang berkaitan dengan brand image dan tagline. Brand image merupakan salah satu unsur terpenting yang mendorong konsumen untuk membeli produk. semakin baik dan menarik tagline yang dibuat perusahaan maka semakin meningkat pula keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 89 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi berganda, uji hipotesis yaitu uji determinasi (R2), uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji f) dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian diperoleh nilai R square sebesar 0,504 menunjukkan bahwa variabel brand image dan tagline mempengaruhi keputusan pembeliansebesar 50,4% dan sisanya 49,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk shampoo sunsilk pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh tagline terhadap keputusan pembelian produk shampoo sunsilk pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Terdapat pengaruh brand image dan tagline terhadap keputusan pembelian produk shampoo sunsilk pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Arti Damisa, S.H.I., M.E.I. |
Keywords: | Keputusan pembelian; Brand image; Tagline |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 02:21 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 02:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8559 |
Actions (login required)
View Item |