Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbandingan strategi pemasaran e-commerce (studi kasus Tokopedia dan Shopee)

Siregar, Nursariah (2022) Analisis perbandingan strategi pemasaran e-commerce (studi kasus Tokopedia dan Shopee). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200302.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah Tokopedia menempati peringkat pertama sebagai e-commerce pengunjung terbanyak pada rata-rata pengunjung bulanan e-commerce Indonesia tahun 2021. Namun, Mahasiswa program studi Ekonomi Syariah lebih memilih Shopee sebagai e-commerce tempat berbelanja yang sering dikunjungi. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan strategi pemasaran di shopee dan tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, membuktikan dan menganalisis perbedaan strategi pemasaran di shopee dan tokopedia. Strategi pemasaran adalah alat untuk mencapai tujuan, atau tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh pelanggan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa studi Ekonomi Syariah dari angkatan 2015-2020 IAIN Padangsidimpuan Fakultas Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam berjumlah 1.166 orang. Sampel yang diambil sebanyak 93 responden dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji Uji F ( Homogenitas) dan uji T (independent Samples T Test) dengan alat yang digunakan adalah Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara strategi pemasaran Shopee dan Tokopedia. Perbedaan strategi pemasarannya terdapat pada produk dan harga dimana Shopee lebih unggul dibandingkan Tokopedia sedangkan pada promosi dan distribusi Tokopedia lebih unggul dibandingkan Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: E-Commerce; Shopee; Strategi pemasaran; Tokopedia
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:03
Last Modified: 29 Mar 2023 02:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8558

Actions (login required)

View Item View Item