Berlian, Berlian (2022) Determinan keputusan pembelian terhadap jilbab merek Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200332.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Peneitian ini dilatarbelakangi oleh popularitas jilbab dan busana muslim di Indonesia yang semakin meningkat. Jilbab Zoya menempati peringkat pertama dalam TOP Brand Indeks namun hal tersebut berbeda dengan hasil yang diperoleh peneliti yang dimana hasilnya berbanding terbalik karena jilbab Zoya kurang diminati oleh Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Terlihat pada hasi observasi pra riset berada pada peringkat terakhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya hidup dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian jilbab merek Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan atribut produk terhadap keputusan pembelian produk jilbab merek Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan gaya hidup, atribut produk, dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 86 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabiltas menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Uji outer model yang terdiri dari convergent validity, discriminant validity, dan composite reliability selanjutnya uji inner model yang terdiri dari uji determinasi (R2) dan uji Bootstraping dengan menggunakan alat bantu Smart PLS Versi 3.2.7. Hasil P-Value (Bootstraping) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan secara positif dan signifikan. Tidak terdapat pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan secara positif dan signifikan. Uji determinasi (R2) menunjukkan kemampuan variabel gaya hidup dan atribut produk dalam penelitian yang dilakukan terhadap keputusan pembelian jilbab Zoya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan sebesar 59,1%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E. |
Keywords: | Gaya hidup; Atribut produk; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 01:46 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 01:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8556 |
Actions (login required)
View Item |