Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk Yakult pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan

Tanjung, Karlina (2022) Pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk Yakult pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200333.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Produk yakult menempati peringkat pertama dalam TOP Brand dan mengalahkan produk lainnya, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah dimana kebanyakan mahasiswa tersebut lebih menyukai produk lain seperti cimory. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah label halal dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk yakult pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk yakult pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan keputusan pembelian, keputusan pembelian adalah proses berikutnya setelah melakukan evaluasi pada alternatif-alternatif keputusan yang ada. Dalam menentukan keputusan pembelian pengetahuan mengenai suatu produk halal atau tidak, sangatlah penting bagi masyarakat terutama bagi umat muslim, dan sangat berpengaruh besar terhadap perilaku konsumen. Harga juga merupakan hal yang dijadikan patokan bagi konsumen untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental teknik. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji determinasi (R2), uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah tidak ada pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk yakult pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan, ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk yakult pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan dan ada pengaruh label halal dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian produk yakult pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan. Hal ini menunjukkan bahwa label halal dan harga secara bersama-sama menjadi hal yang dipertimbangkan mahasiswa dalam membeli produk yakult.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Harga; Keputusan pembelian; Label halal
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:06
Last Modified: 29 Mar 2023 02:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8555

Actions (login required)

View Item View Item