Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk pakaian di Independent Distro Kota Padangsidimpuan

Gustina, Nanda (2022) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian produk pakaian di Independent Distro Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200369.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Distro yang saat ini sudah menjamur di berbagai kota besar. Puluhan bahkan ratusan Distro menyengat seperti wabah ke penjuru kota di Indonesia. Di Padangsidimpuan yang merupakan cikal bakal kehadiran Distro, sekarang sudah terdapat Distro memenuhi ruas jalan yang ada di Padangsidimpuan. Salah satunya ialah Independent Distro. Peneliti beralasan memilih Independent Distro karena terdapat permasalahan mengapa lebih banyak pengunjung dibandingkan jumlah pembelian. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk Independent Distro Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Independent Distro Kota Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan keputusan pembelian, harga, promosi, dan kualitas pelayanan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, promosi, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji signifikansi parsial (t) dan uji simultan (F), dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) variabel harga dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Independent Distro, akan tetapi variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Independent Distro. Hasil ( uji F ) harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Independent Distro. Promosi memberikan pengaruh sebesar 47,9 % terhadap keputusan pembelian produk Independent Distro sedangkan 52,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Rini Hayati Lubis, M.P.
Keywords: Harga; Kualitas pelayanan; Keputusan pembelian; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Mar 2023 07:19
Last Modified: 28 Mar 2023 07:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item