Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja di Toko Arafah Panyabungan

Hasibuan, Nur Asiah (2022) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja di Toko Arafah Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200343.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen berbelanja di toko Arafah Panyabungan adanya perbedaan pendapatan antara toko Arafah Panyabungan dengan toko lainnya. Salah satu faktor yan menyebabkan hal tersebut promosi penjualan yang kurang menarik minat, oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian terhadap toko Arafah Panyabungan untut mengetahui variabel-variabel yang meyebabkan konsumen memiliki minat untuk melakukan pembelian ke toko Arafah Panyabungan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat konsumen di toko Arafah Panyabungan antara lain harga, kualitas produk, lokasi, kualitas layanan, dan promosi. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, kualitas layanan, promosi terhadap minat konsumen berbelanja di toko Arafah Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku konsumen, yaitu untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan konsumen membeli suatu merek atau seberapa besar kemungkinan konsumen berpindah dari satu merek ke merek lainnya, harga, kualitas produk, lokasi, kualitas layanan, dan promosi. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 36 butir pertanyaan dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Uji analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas,uji heteroskedasitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f,dan uji koefisien determinan R2. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial lokasi dan kualitas layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat konsumen dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu lokasi sebesar -1,701< 1,998, dan kualitas layanan sebesar 0,019< 1,998 sedangkan untuk harga,kualitas produk dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat konsumen dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu harga sebesar 4,358> 1,998, kualitas produk sebesar 2,148> 1,998, dan promosi sebesar 2,805> 1,998. Sedangkan secara simultan variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas layanan, promosi sama-sama berpengaruh terhadap minat konsumen dengan hasil perhitungan fhitung> ftabel atau 11,122> 2,36. Uji R Square sebesar 0,469 =46,9% Artinya variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas layanan , dan promosi dapat menjelaskan minat konsumen pada toko Arafah Panyabungan sedangkan sisanya 53,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A. dan Ihdi Aini, M.E.
Keywords: Harga; Kualitas produk; Lokasi; Kualitas layanan; Promosi; Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:32
Last Modified: 20 Mar 2023 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8515

Actions (login required)

View Item View Item