Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2014 - 2021

Kholilah, Siti (2023) Pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2014 - 2021. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200245.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PT. Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur pemasaran dan distribusi barang konsumsi termasuk sabun, deterjen, margarine, makanan berbasis susu, es krim, produk kosmetik, minuman berbasis teh, jus dan lain-lain. Masalah dalam penelitian ini adalah Pada laporan keuangan PT. Unilever Indonesia tahun 2014 – 2021 yaitu di tahun 2014 sampai dengan 2017 terjadi kenaikan pada harga pokok penjualan dan begitu pula dengan laba kotor. Pada tahun 2017 ke 2019 penjualan naikakan tetapi laba kotor turun. Pada tahun 2020 ke 2021 terjadi penurunan pada harga pokok penjualan dan begitu juga dengan laba kotor.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapakah ada pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever IndonesiaTbk periode 2014 – 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever Indonesia pada tahun 2014-2021. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai pengertian penjualan yang membahas mengenai teori harga pokok penjualan dan penjualan serta menentukan penjualan dalam perspektif Islam dan mengenai laba kotor yang membahas tentang pengertian laba kotor dan perspektif Islam terhadap laba. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder yang berasal dari websitewww.idx.co.id.Jumlah sampel sebanyak 32.Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling.Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 26.Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji asumsi klasik (multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokoleras), uji statistik deskriptif, uji analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) pada variabel penjualan H1 diterima dengan nilai thitung>ttabelyang berarti terdapat pengaruh variabel penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever Indonesia.Secara parsial (uji t) pada harga pokok penjualan H2 diterima dengan nilai thitung>ttabel yang berarti terdapat pengaruh variabel harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever Indonesia. Secara simultan (uji F) adalah H3 diterima dengan nilai Fhitung>Ftabelsehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penjualan dan harga pokok penjualan terhadap laba kotor pada PT. Unilever Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Harga pokok penjualan; Laba kotor; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150109 Budgetary Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:36
Last Modified: 16 Mar 2023 04:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8512

Actions (login required)

View Item View Item