Adilah, Siti (2022) Pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian Pasta Gigi Sasha di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200244.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tanggapan masyarakat yang mengatakan serta menganggap bahwa menggunakan produk-produk syariah dan produk-produk non-syariah dalam kehidupan sehari-hari seperti pasta gigi adalah sama saja. Hal ini karena sudah tentu ada faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan pasta gigi untuk kebersihan dan kesegaran mulut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi Sasha di Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian pasta gigi Sasha di Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kesadaran merek dan keputusan pembelian. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kesadaran merek dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi sederhana, maksud dari penelitian ini untuk mengetahui apakah kesdaran merek memang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner/angket dengan jumlah sampel adalah 96 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik incidental. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji koefisien determinasi (R2) serta uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan dari penelitian, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian pasta gigi Sasha di Kota Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,039 atau (3,9%) artinya variabel kesadaran merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 3,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel atau (1,943>1,66123) dengan nilai signifikansi sebesar 0,55>0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kesadaran merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi Sasha di Kota Padangsidimpuan tetapi pengaruh yang diberikan tidak signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Ali Hardana, S.Pd., M.Si. |
Keywords: | Kesadaran merek; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 07:59 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 07:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8501 |
Actions (login required)
View Item |