Nasution, Seri Handayani (2022) Strategi pemasaran pada agrowisata buah naga (studi kasus pada Agrowisata Buah Naga Palopat Maria). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740200158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Agrowisata buah naga palopat maria merupakan salah satu kebun buah naga merah terkenal di Kota Padangsidimpuan. Tapi seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan banyak tempat wisata yang berdiri sehingga agrowisata ini mulai sepi pengunjung. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang baik agar agrowisata bisa berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agrowisata dan mencari tahu strategi apa yang cocok untuk diterapkan dalam menghadapi pesaing dengan menggunakan analisis SWOT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran dan analisis SWOT. Analisis SWOT terdiri atas empat faktor yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threat (ancaman). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengurus atau pengelola, staff dan karyawan, dan juga masyarakat sebagai pengunjung yang dijadikan sebagai sumber informasi pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket. Teknik analisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kekuatan agrowisata buah naga Palopat Maria adalah buah naga merah pertama yang ada di kota Padangsidimpuan, pelayanan fasilitas yang nyaman, pemandangan yang asri, penawaran promosi dan diskon. Sedangkan kelemahan perusahaan adalah Lokasi yang jauh, variasi makanan yang kurang menarik, modal. Peluang perusahaanya adalah pertumbuhan pasar, Inovasi pengemasan produk, lokasi yang dekat dengan pasar dan kantor Pemda. Ancaman agrowisataya adalah semakin banyaknya pesaing dan perubahan Cuaca. Berdasarkan hasil penelitian pada Agrowisata Buah naga Palopat Maria tersebut perlu untuk tetap menjaga mutu produk, meningkatkan kegiatan operasionalnya, meningkatkan kegiatan promosinya tidak hanya melalui direct marketing tetapi juga melalui indirect marketing. Maka strategi yang tepat untuk digunakan oleh agrowisata adalah strategi pemimpin pasar. Pemimpin pasar adalah perusahaan yang mampu untuk mempengaruhi atau mengarahkan pasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si. |
Keywords: | Strategi pemasaran; Analisis SWOT; dan Agrowisata |
Subjects: | 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management > 070106 Farm Management, Rural Management and Agribusiness 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 02:10 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 02:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8485 |
Actions (login required)
View Item |