Siregar, Erik Susanto (2022) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran baca tulis qur’an di SMA N 1 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1620100115.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan pembelajaran yang di desain secara khusus baik metode ataupun pemanfaatannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan Agama Islam dan Baca Tulis Qur’an sangatlah penting sebagai bekal hidup siswa yang menentukan masa depan pribadi muslim dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan bekal pemahaman agama yang matang siswa akan selalu bertindak sesuai dengan nilai-nilai Islam meskipun bergelut dalam urusan duniawi dan segala tuntutan zaman. Adapun rumusan masalah didalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran BTQ di SMA N 1 Sipirok, bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran BTQ, apa saja fator penghambat dan penunjang dalam meningkatkan motivasi belajar BTQ di SMA N 1 Sipirok adapun tujuannya adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa, strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan faktor penghambat dan penunjang motivasi belajar siswa Dalam penelitian ini, penulis memakai metode kualitatif yang bersifat deskriptif atau data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa Siswa SMA N 1 Sipirok memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik,kemudian dari segi strategi guru dalam meningktkan motivasi belajar dengan menggunakan berbagai strategi yang bervariasi seperti menjelaskan tujuan belajar memberikan hadiah, sanksi, meberikan nilai , mengadakan persaingan ,dan strategi ekspositori dan inquiry sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar dan tidak membuat jenuh dan bosan ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dan faktor penghambat dan penunjang berasal dari internal dan eksternal siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. Dr. Zulhammi, M.Ag, M.Pd. |
Keywords: | Strategi; Motivasi siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 08:24 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 08:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8478 |
Actions (login required)
View Item |