Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam terhadap penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media dakwah

Nurila, Darty Herma (2023) Persepsi mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam terhadap penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media dakwah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1830100020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kehadiran media sosial seperti Tik Tok menjadikan proses komunikasi lebih mudah dan efektif. Demikian halnya dengan kegiatan dakwah. Dakwah harus sesuai dengan konsep al-Islamu sholih likulli zaman wa makan (sesuai dengan kondisi waktu dan zaman). Namun, kenyataannya mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) lebih memilih menggunakan Tik Tok sebagai media hiburan daripada media dakwah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan aplikasi Tik Tok di kalangan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, bagaimana persepsi mahasiswa KPI terhadap aplikasi Tik Tok sebagai media dakwah dan apa penyebab mahasiswa KPI tidak membuat konten dakwah di aplikasi Tik Tok. Persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang didapatkan dengan menyimpulkan informasi dan memaknai pesan. Persepsi setiap individu dipengaruhi oleh faktor internal seperti fisiologis, perhatian, minat, pengalaman dan faktor eksternal seperti ukuran dan penempatan objek, warna, keunikan objek, dan kekuatan stimulus. Menurut Sutopo tingkah laku individu selalu didasarkan pada makna sebagai hasil persepsi terhadap kehidupan individu tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif yang akan memberi penjelasan dan gambaran mengenai realitas persepsi mahasiswa terhadap aplikasi Tik Tok sebagai media dakwah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa KPI NIM 2018 sampai NIM 2020 sebanyak 37 orang yang telah memenuhi kriteria peneliti. Hasil penelitian ini adalah penggunaan Tik Tok dikalangan mahasiswa KPI sebagai media dakwah hanya sekedar penikmat konten saja, kemudian dari 37 mahasiswa KPI sebanyak 36 orang mendukung penggunaan aplikasi Tik Tok sebagai media dakwah karena Tik Tok menggunakan teknologi yang cangggih sehingga menjadikan dakwah lebih menarik dan diminati. Adapun penyebab mahasiswa KPI tidak membuat konten dakwah di aplikasi Tik Tok adalah kurangnya kepercayaan diri, minat dan motivasi mahasiswa untuk membuat konten dakwah, konten dakwah susah untuk FYP serta keinginan mahasiswa untuk mengikuti trend yang sedang viral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Barkah Hadamean Harahap, M.I.Kom. dan Fauzi Rizal, S.Ag., M.A.
Keywords: Persepsi; Mahasiswa KPI; Tik Tok; Media dakwah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:26
Last Modified: 09 Mar 2023 04:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8470

Actions (login required)

View Item View Item