Harahap, Anita Marlina (2023) Penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi tata cara berwudhu Kelas VII 5 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100180.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah: guru mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran selain sebagai informator guru juga sebagai mediator. Seperti yang terjadi di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan guru kurang mampu untuk memilih dan menggunakan media pembelajaran, sehingga media yang dipergunakan ketika proses pembelajaran hanya buku paket dan papan tulis sehingga siswa kurang antusias, mengantuk bahkan mengobrol dengan temannya sehingga menyebabkan siswa tidak mencapai nilai yang yang memuaskan dan banyak siswa yang tidak mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 80%. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi tata cara berwudhu kelas VII5 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi tata cara berwudhu kelas VII5 di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah II siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII5 MTs Negeri 1 Padangsidimpuan jumlah siswa yaitu 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: penerapan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi tata cara berwudhu kelas VII5 DI MTs Negeri 1 Padangsidimpuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Hasil dari penelitian tersebut dapat dilihat dari meningkatnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi tata cara berwudhu hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa. Pada pra siklus yang dilakukan peneliti hasil belajar siswa segi kognitif hasil belajar siswa prasiklus mencapai 25%, pada siklus I meningkat menjadi 62,5%, dan pada siklus ke II meningkat menjadi 93,75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd. |
Keywords: | Media pembelajaran audio visual; Pemahaman siswa; Tata cara berwudhu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:50 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8467 |
Actions (login required)
View Item |