Hidayah, Nikmah (2023) Analisis penerapan etika bisnis islam dalam transaksi jual beli pakaian secara online (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740200274.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah aktifitas perdagangan merupakan salah satu aspek kehidupan yang bersifat horizontal (Hablum minannas) yang mendapatkan penekanan khusus dalam ekonomi Islam karena keterkaitannya secara langsung dengan sektor ril. Kegiatan jual beli online dimedia sosial ini memperjual belikkan berbagai macam barang seperti sepatu, tas, baju, celana, hijab dan masih banyak lagi. Bentuk pemasarannya dapat dilakukan dengan cara menampilkan barang dengan mengupload foto-foto. Sehingga akan membentuk komunikasi antara penjual dan pembeli maka para pelaku harus memperhatikan etika bisnis, yaitu suatu studi yang di khususkan mengenai moral yang menunjukkan kebenarannya namun sayangnya beberapa konsumen merasa kecewa ketika barang yang dipesan berbeda ketika sampai ditangan konsumen, sehingga penerapan etika bisnis Islam sangat penting dalam melakukan transaksi jual beli pakaian secara online terutama pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “bagaimana Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pakaian secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan?” Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui transaksi jual beli pakaian secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan tersebut. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, pengertian etika bisnis Islam, pengertian etika, pengertian etika bisnis, pengertian etika bisnis Islam, prinsip-prinsip etika bisnis Islam, fungsi etika bisnis Islam, jual beli, pengertian jual beli, dasar hukum jual beli, rukun dan syarat jual beli, manfaat jual beli, jual beli online, jual beli online dalam Islam, ganti rugi barang yang rusak dalam hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder, data-data ini diperoleh dari informasi peneliti dengan menggunakan wawancara langsung kepada subjek penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pakaian secara online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis islam namun ada beberapa pembeli yang merasa kecewa ketika barang yang sampai tidak sesuai dengan gambar dan kualitasnya. Penjual juga merasa kecewa karena barang yang dijual tidak di ambil konsumen sehingga penjual tidak mendapatkan keuntungan sama sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd. |
Keywords: | Etika bisnis islam; Jual beli pakaian secara online; Penerapan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:29 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8464 |
Actions (login required)
View Item |