Siregar, Doya Mukmin (2022) Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan metode student of facilitator and explaining Kelas VIII A Di Ponpes Dar Al-Ma`Arif Basilam Baru Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100204.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini merupakan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih pada pokok bahasan puasa. Hal ini disebabkan siswa yang pasif dalam belajar, tidak mampu untuk mengeluarkan ide atau pendapatnya sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar fiqih. Pada saat pembelajaran fiqih berlangsung kebanyakan siswa tidak berani mengeluarkan pendapatnya apabila guru bertanya siswa hanya diam dan tidak memberikan jawaban sehingga guru kebingungan apakah siswa tersebut sudah mengerti atau belum mengerti dengan materi yang disampaikan. Landasan teori berdasarkan dalam hal tersebut dirumuskan masalah secara khusus yaitu apakah dengan menggunakan metode Student Of Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran fiqih di ponpes Dar Al-Ma`arif Basilam Baru Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Maka peneliti melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih tersebut di kelas VIII A di ponpes Dar Al-Ma`arif Basilam Baru Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Adapun jenis metodologi Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode siklus. Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan yang bersifat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara profesional, dalam penelitian ini peneliti bertugas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa tes tindakan dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A ponpes Dar Al-Ma`arif Basilam Baru Kota Pinang kabupaten Labuhanbatu Selatan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa dengan metode Student Of Facilitator And Explaining yang diperoleh bahwa data terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II melalui metode Student Of Facilitator And Explaining Di Kelas VIII A Ponpes Dar Al-Ma`arif, dengan rincian sebagai berikut. Pelaksanaan pra siklus hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 53,33, siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 61,81, dan siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 70 dan siklus II pertemuan I dengan rata-rata 73,03, siklus II pertemuan II dengan nilai rata-rata 77,57. Jadi dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan metode Student Of Facilitator And Explaining di kelas VIII A Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Metode student of facilitator and explaining; Fiqih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:04 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8462 |
Actions (login required)
View Item |