Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode kisah dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik Kelas IV di SD Negeri 200119 Batang Ayumi Julu Padangsidimpuan

Yolanda, Gabena (2023) Penerapan metode kisah dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik Kelas IV di SD Negeri 200119 Batang Ayumi Julu Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya sikap kedisiplinan sebagian peserta didik dan ditemukan bahwa akhlak dalam bertutur sapa baik kepada teman sebaya maupun kepada guru kurang diaplikasikan, mengucapkan kata yang tidak baik kepada temannya, ketika permisi tidak mengajukan tangan kepada gurunya dan belum diijinkan mereka langsung keluar, berjumpa dengan guru tidak memberi salam, berkelahi, dan ribut di kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Dari berbagai metode pembelajaran, metode kisah diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) oleh guru di kelas IV SD Negeri 200119 Batang Ayumi Julu Kota Padangsidimpuan untuk membentuk akhlak mulia peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode kisah dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik dan bagaimana gambaran akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran akhlak peserta didik dan mengetahui bagaimana penerapan metode kisah dalam membentuk akhlak peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa dan 2 siswi kelas IV di SD Negeri 200119 Batang Ayumi Julu yang dijadikan sebagai sumber data atau sumber informasi oleh peneliti. Selain itu guru PAI dan Kepala Sekolah juga merupakan subjek dalam penelitian ini. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan waktu, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini, penerapan metode kisah dengan langkah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik dan benar akan membentuk akhlak mulia siswa kepada Allah SWT, guru, dan siswa lainnya ( teman sebaya ), berupa kejujuran, sabar, syukur, sopan santun, lemah lembut dan akhlak mulia lainnya yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak peserta didik kelas IV di SD Negeri 200119 Batang Ayumi Julu Padangsidimpuan tergolong kurang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung maupun saat istirahat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Metode kisah; Pembentukan akhlak mulia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:15
Last Modified: 01 Mar 2023 08:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8450

Actions (login required)

View Item View Item