Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis marketing mix pada Toko Hasibuan Collection Serba 35.000 di Panyabungan Dua Pasar Jonjong

Adilah, Nur (2022) Analisis marketing mix pada Toko Hasibuan Collection Serba 35.000 di Panyabungan Dua Pasar Jonjong. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Banyak strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan usaha dan menarik konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah strategi yang banyak digunakan oleh pemilik usaha adalah marketing mix. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penerapan marketing mix 4P yang dilakukan oleh Toko Hasibuan Collection Serba 35.000 mengingat banyaknya persaingan Toko pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan marketing dan strategi pemasaran dengan pendekatan analisis SWOT di Toko Hasibuan Collection Serba 35.000. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi marketing mix 4P, analisis SWOT. Menurut Buchari Alma, bauran pemasaran (marketing mix) merupakan teknik menggabungkan aktivitas- aktivitas pemasaran, untuk mencari perpaduan yang semaksimal mungkin supaya dapat menciptakan hasil yang memuaskan bagi perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pemilik Toko Hasibuan Collection Serba 35.000 dan karyawan di Toko tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan matriks IFAS, matriks EFAS, dan matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini yaitu: Toko Hasibuan Collection Serba 35.000 berada di posisi Kuadran I yaitu strategi growth. Strategi pengembangan yang harus dilakukan adalah strategi S-O, yaitu Meningkatkan permintaan pasar, dengan meningkatkan strategi pasar artinya, Toko Hasibuan Collection Serba 35.000 harus terus meningkatkan jumlah dan kualitas produknya dan memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan produk. Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial dan mempertahankan harga tetap 35.000 di setiap produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Indah Permatasari Srg, M.Si.
Keywords: Marketing mix; SWOT; Produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:38
Last Modified: 01 Mar 2023 07:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item