Warni, Warni (2022) Srategi pemasaran rumah makan dalam meningkatkan konsumen (studi Rumah Makan Porang Goti). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Rumah Makan Porang yang beralamat di Desa Goti Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan merupakan jenis Rumah makan tradisional. Rumah makan ini memasak makanan khas Mandailing berupa masakan Ikan mas gulai asam podeh, Ikan mas sale (yang diasapi), Sup tulang iga, Rendang belut dan Sayuran hijau sebagai menu pelengkap. Fenomena ataupun kejadian yang dapat di rasakan langsung oleh peneliti yaitu, Rumah makan dengan desain bangunan yang sederhana dan tidak mewah, pelayanan yang biasa, dan penjualan produk yang hanya menggunakan strategi mulut ke mulut saja, menyebabkan masih kurangnya omzet sebagaimana yang diharapkan dan yang telah direncanakan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi pemasaran Rumah Makan Porang dalam meningkatkan pelanggan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori jual beli, strategi pemasaran yaitu, strategi pada tingkat perusahaan dan strategi pada tingkat bisnis, konsep pemasaran, tingkatan pemasaran, tujuan pemasaran juga membahas konsumen, Rumah makan, Restoran formal dan informal, dan juga membahas kekuatan dan kelemahan Rumah makan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan sumber data primer. Subjek penelitianya yaitu, pemilik Rumah makan, Karyawan, dan Konsumen Rumah Makan Porang. Dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dilanjutkan dengan wawancara menggunakan sistem pencataatan, voice recording dan dokumentasi (handphone). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh Rumah Makan Porang dalam meningkatkan pelanggan yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix 4P (produc, price, place, and promotion). Yaitu strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi produk yang diterapkan yaitu menjual makanan dengan ciri khas masakan Mandailing, begitu juga dengan harga yang ditawarkan terjangkau. Rumah Makan Porang menempati lokasi yang cukup strategis tepat di pinggir jalan raya lintas Sumatera sehingga mempermudah konsumen dari dalam dan luar daerah untuk makan di sana. Dan promosi yang diterapkan adalah hanya menggunakan strategi promosi mulut ke mulut (strategi personal selling).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Azwar Hamid, M.A. dan Adanan Murroh Nasution, M.A. |
Keywords: | Rumah makan; Produk; Harga; Tempat; Promosi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 09:07 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 09:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8423 |
Actions (login required)
View Item |