Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan produk skincare halal studi kasus MS Glow dan Scarlett

Sari, Ervina Manda (2022) Analisis perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan produk skincare halal studi kasus MS Glow dan Scarlett. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis kosmetik di Indonesia yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satu dari produk kosmetik yang berkembang dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah produk skincare, hal ini ditandai dengan banyaknya berbagai macam jenis skincareyang beredardipasaran. Skincare merupakan serangkaian kegiatan yang mendukung kesehatan pada kulit, meningkatkan kepercayaan diri dan membuat kulit terasa lebih ringan. Persaingan antar merek skincare secara tidak langsung mempengaruhi setiap perusahaan skincare untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Setiap perusahaan diharapkan mampu menganalisis apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga konsumen merasa puas terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan produk skincare halal studi kasus MS Glow dan Scarlett. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan kepuasan konsumen. kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dengan kinerja (hasil) yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif atau perbandingan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket/kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel ada 97 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Sample T Test. Dengan menggunakan program SPSS versi 23, diperoleh hasil signifikansi sebesar 0,548, yaitu (0,548 > 0,1) maka Ha ditolak dan Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji Independent Sample T Testtidak terdapat perbedaan kepuasan konsumen dalam menggunakan produk skincare halal MS Glow dan Scarlett.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Idris Saleh, S.E.I., M.E.
Keywords: Perbandingan; Kepuasan konsumen; Skincare halal
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1103 Clinical Sciences > 110304 Dermatology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:54
Last Modified: 27 Feb 2023 08:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8422

Actions (login required)

View Item View Item