Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT dalam pengembangan usaha Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan

Eriani, Elita (2022) Analisis SWOT dalam pengembangan usaha Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan adalah salah satu toko pusat oleh-oleh khas Tabagsel sehingga usaha ini mendapatkan perhatian masyarakat dan wisatawan di Kota Padangsidimpuan. Ada beberapa produk yang dijual di Bolu Salak Kenanga yaitu seperti bolu salak, kurma salak, dodol salak, kripik salak dan kerajinan tangan khas Tabagsel. Tetapi setelah kurang lebih 5 tahun berdirinya Bolu Salak Kenanga ini belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT dalam pengembangan Bolu Salak Kenanga. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengembangan usaha, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis SWOT yaitu strenghts, weaknesses, opportunities, threats dan teoti tentang pengembangan usaha. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah manajer dan karyawan Bolu Salak Kenanga, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui yaitu dengan total nilai skor dari hasil matriks IFE yaitu 2,25, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari matriks EFE yaitu 3,39. Berdasarkan hasil pencocokan matriks IFE dan EFE dapat dilihat bahwa Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan memiliki posisi yang berpeluang dan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Selanjutnya terdapat empat strategi yang dapat diterapkan dari hasil matriks SWOT yaitu strategi SO dengan mempertahankan dan meningkatkan sistem pemasaran dan menjaga kualitas produk. Strategi WO yaitu meningkatkan produksi pemasaran Bolu Salak dan menjaga kualitas produk. Strategi ST yaitu mempertahankan kualitas produk dan menjalin kerja sama dengan lebih dari satu pemasok buah salak, meningkatkan proses pemasaran. Strategi WT yaitu meningkatkan kemampuan manajemen perusahaan untuk menambah daya saing dan mempertahankan kualitas buah salak yang diproduksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan M. Fauzan, M.E.I.
Keywords: Kekuatan; Kelemahan; Peluang; Ancaman; Pengembangan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:34
Last Modified: 27 Feb 2023 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item