Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh brand image, brand trust dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada masyarakat Kelurahan Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Fitri, Fitri (2023) Pengaruh brand image, brand trust dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada masyarakat Kelurahan Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Keputusan pembelian dilakukan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu pembelian kebutuhan konsumen yang dikonsumsi sehari-hari adalah produk pasta gigi. Di kelurahan Tamiang pasta gigi Pepsodent lebih banyak pembelinya dibandingkan pasta gigi lainnya. Sehingga banyak faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, diantaranya adalah brand image, brand trust, dan labelisasi halal. Rumusan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh brand image, brand trust dan labelisasi halal secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada masyarakat kelurahan Tamiang kecamatan Kotanopan kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust dan labelisasi halal secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada masyarakat kelurahan Tamiang kecamatan Kotanopan kabupaten Mandailing Natal. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori-teori mengenai keputusan pembelian, brand image, brand trust dan labelisasi halal. Berdasarkan dengan itu, kajian dihubungkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, serta pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 sampel dengan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel brand image (X1) dan variabel brand trust (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent. Sedangkan variabel labelisasi halal (X3) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent. Kemudian berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel brand image, brand trust dan labelisasi halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada masyarakat kelurahan Tamiang kecamatan Kotanopan kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si.
Keywords: Brand image; Brand trust; Labelisasi halal; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:17
Last Modified: 24 Feb 2023 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8412

Actions (login required)

View Item View Item