Siregar, Liana Astuty (2023) Peran guru baca tulis al-qur`an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur`an anak di Sihitang Lingkungan III Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720100128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian di sihitang Lingkungan III Kec, Padangsidimpuan Tenggara adalah anak-anak sekarang ini kurang berminat dalam mempelajari Al-Qur`an karena lebih memilih untuk bermain game bersama teman-temannya, juga ketidak pedulian orang tua pada ketidak mampuan setiap anak terhadap baca tulis Al-Qur`an, sehingga dihadirkan sarana belajar Al-Qu`an di Sihitang Lingkungan III Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalaha bagaimana peran guru dalam meningkatakan kemampuan baca tulis Al-qur`an anak,apa metode yang digunakan leh guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-qu`an anak, apa kendala yang dihadapi leh guru baca tulis Al-Qur`an, adapun Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peran Guru Baca dan Tulis Al-Qur`an, metode apa saja yang digunakan, dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Guru baca dan tulis Al-Qur`an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur`an anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan melakukan logika ilmiah. Metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah peran guru baca tulis Al-Qur`an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur`an anak di Sihitang Lingkungan III Kec, Padangsidimpuan Tenggara adalah peran guru sebagai pendidik, pengajar, teladan, sebagai pembimbing dan sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur`an. Adapun Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode Iqra` dan metode Amma. Dan Kendala guru baca tulis Al-Qur`an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur`an yaitu yaitu kurangnya partisipasi orang tua dalam membimbing anak, serta kurangnya sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda. M.Si. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A. |
Keywords: | Baca tulis al-qur`an; Peran guru baca tulis al-qur`an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 07:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8400 |
Actions (login required)
View Item |