Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga, produk, lokasi terhadap volume penjualan pada UD. Arjun di Rondaman Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara

Hasibuan, Irma Febri Yanti (2022) Pengaruh harga, produk, lokasi terhadap volume penjualan pada UD. Arjun di Rondaman Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200238.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh volume penjualan menjadi salah satu tujuan utama usaha dagang karena setiap usaha dagang harus memikirkan strategi pemasaran yang efektif dan efesien. Dimana peranan strategi pemasaran sangat penting dalam menentukan naiknya volume penjualan. Produk merupakan penentu permintaan dalam pasar dengan hal ini perusahaan diharapkan dapat menentukan harga pada suatu produk. Dalam suatu proses penetapan harga ini tentunya disesuaikan dengan strategi pemasaran yang akan dilakukan agar hasilnya dapat berdampak pada pendapatan bersih. Persaingan dalam bisnis Usaha Dagang Arjun yang ada di Rondaman Dolok Kab. Paluta yang sangat ketat, sehingga usaha dagang yang dijalankan harus lebih siap dalam menjaring konsumen dengan menyediakan produk yang bervariasi, harga serta lokasi yang memudahkan konsumen untuk membeli suatu produk. Rumusan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh harga, produk, dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan di Rondaman Dolok Kab. Paluta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, produk, dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan di Rondaman Dolok Kab. Paluta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan harga, produk, lokasi, dan volume penjualan serta dengan sub pembahasannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobality dengan teknik aksidental sampling yang berjumlah 69 responden. Uji yang digunakan meliputi uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), uji asumsi dasar (uji normalitas, dan uji linearitas), uji asumsi klasik (uji multikoloniaritas, dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji R2, uji t, dan, uji F), analisis regresi linear berganda, dibantu dengan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh harga terhadap volume penjualan UD. Arjun di Rondaman Dolok Kab. Paluta dengan nilai thitung > ttabel ( 2,188 > 1,997).dan (0,032 > 0,05). Tidak terdapat pengaruh produk terhadap volume penjualan UD. Arjun di Rondaman Dolok Kab. Paluta.hasil yang di peroleh thitung > ttabel ( 1 605 < 1 997) dan (0,113 > 0,05). Dan tidak terdapat pengaruh lokasi terhadap volume penjualan UD. Arjun di Rondaman Dolok Kab. Paluta. Hasil yang di peroleh dari ttabel sebesar = 1,997 yang artinya fhitung > ftabel ( 0,604 < 1,997) dan ( 0,584 > 0,05)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Sarmiana Batubara, M.A.
Keywords: Harga; Produk; Lokasi; Volume penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:38
Last Modified: 22 Feb 2023 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8394

Actions (login required)

View Item View Item