Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi promosi dalam meningkatkan penjualan produk Perum Bulog Kantor Cabang Padangsidimpuan)

Nasution, Indah Meilyah (2022) Strategi promosi dalam meningkatkan penjualan produk Perum Bulog Kantor Cabang Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Strategi promosi merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang digunakan oleh perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi. Strategi yang dilakukan Perum BULOG dengan menggunakan beberapa metode cukup efektif meskipun masih mengalami penurunan penjualan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan penjualan produk Perum BULOG Kantor Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan penjualan produk Perum BULOG Kantor Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi promosi yang mencakup pengertian strategi promosi, tujuan strategi promosi, sifat strategi promosi, sarana strategi promosi, macam-macam media promosi, perencanaan promosi, sasaran promosi dan perbedaan promosi syariah dan promosi konvensional. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya karyawan Perum BULOG Kantor Cabang Padangsidimpuan sebanyak 3 informan. Dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisa data dengan teknik reduksi data, deskripsi data dan teknik penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangualasi metode. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Perum BULOG Kantor Cabang Padangsidimpuan cukup efektif meskipun mengalami penurunan penjualan karena panen raya. Strategi promosi yang dilakukan yaitu dengan cara berjualan offline dan online. Seperti, menggunakan sosial media mempromosikan produk dengan meng-update iklan setiap hari, berjualan langsung ke Pasar, membuka stand di depan kantor dan menggunakan aplikasi Rumah Pangan Kita (RPK) Mobile untuk mempermudah konsumen dalam berbelanja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Arti Damisa, S.H.I, M.E.I.
Keywords: Efektivitas; Penjualan; Promosi; Strategi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0701 Agriculture, Land and Farm Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:25
Last Modified: 21 Feb 2023 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item View Item