Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan metode drill dalam meningkatkan keterampilan salat siswa Kelas III SD Negeri 062 Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal

Arpiyani, Arpiyani (2023) Penggunaan metode drill dalam meningkatkan keterampilan salat siswa Kelas III SD Negeri 062 Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100337.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah para siswa yang masih banyak yang belum mampu dalam mempraktekkan salat dan menyebutkan baca-bacaan salat dengan baik dan benar, penelitian ini dilaksanakan di salah salah satu SD Negeri 062 yang berada di kelurahan Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan salat siswa kelas III setelah menggunakan metode drill dalam pelaksanaan pembelajaran PAI pada materi pokok tentang salat. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas III dengan jumlah 17 orang siswa. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dengan materi pokok salat dengan menggunakan metode drill. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa keterampilan salat siswa meningkat melalui metode drill dapat dilihat berdasarkan dari kondisi awal (prasiklus) yaitu pada keterampilan bacaan prasiklus 17,64%, meningkat menjadi 52,94% pada siklus I (pertemuan pertama), meningkat menjadi 70,58% pada siklus I (pertemuan kedua), semakin meningkat 82,35% pada siklus II (pertemuan Pertama), dan 88,23% pada siklus II (pertemuan kedua). Sedangkan hasil penelitian persentase pada keterampilan gerakan salat pada prasiklus adalah 29,41%, meningkat menjadi 47,05% pada siklus I (pertemuan pertama), 76,47 pada siklus I (pertemuan kedua), 94,11% pada siklus II (Pertemuan kedua), dan 94,11 pada siklus II (pertemuan kedua).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Metode drill; Keterampilan salat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:51
Last Modified: 20 Feb 2023 07:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item View Item