Harahap, Artisa (2019) Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi pokok himpunan di kelas VII MTsS Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokok himpunan di kelas VII MTsS Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak yang di sebabkan kurangnya sarana prasarana serta waktu yang digunakan selama proses belajar mengajar kurang maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana hasil siswa terhadap materi himpunan, Apa saja kesulitan siswa dalam belajar materi himpunan, Apa faktorfaktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil siswa terhadap materi himpunan, untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam belajar materi himpunan, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Selanjutnya penelitian ini memiliki sumber data primer yaitu siswa kelas VII MTsS Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak, sedangkan sumber data sekunder yaitu guru bidang studi matematika yang mengajar di kelas VII MTsS Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah hasil belajar siswa pada saat belajar materi pokok himpunan di kelas VII MTsS Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak ketika mengerjakan soal yang berkaitan tentang materi yang bersangkutan masih rendah. Dari 36 siswa yang mencapai KKM hanya 8 orang, sedangkan siswa yang belum mencapai nilai KKM 28 orang. Dalam hal tersebut terlihat bahwa siswa yang belum memahami materi pokok himpunan. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar materi pokok himpunan di kelas VII MTsS Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak adalah kesulitan konsentrasi dalam memahami himpunan, kesulitan dalam memahami soal irisan dan gabungan, kesulitan dalam menggambarkan diagram venn, kesalahan dalam memahami soal cerita, kesalahan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika. Cara yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa pada materi pokok himpunan adalah dengan menggerakkan/membangkitkan motivasi siswa melaksanakan les serta menggunakan metode yang bervariasi dalam setiap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Matematika; kesulitan belajar; himpunan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 06:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 06:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/838 |
Actions (login required)
View Item |