Caniago, Ahmad Gunawan (2022) Strategi guru mata pelajaran fikih dalam meningkatkan ketaatan beribadah shalat di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100174.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah strategi dan usaha yang dilakukan guru mata pelajaran Fikih untuk mengajak siswa melaksanakan ibadah shalat di musholla pada jam istirahat dan mewajibkan shalat terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Apa saja usaha-usaha sistematis dan berkesinambungan yang dilakukan guru mata pelajaran Fikih dalam meningkatkan ketaatan beribadah shalat siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan, Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru mata pelajaran Fikih dalam meningkatkan ketaatan beribadah shalat siswa di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiusaha-usaha berkesinambungan yang dilakukan guru mata pelajaran Fikih dalam meningkatkan ketaatan beribadah shalat siswa MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Berdasarkan metode, penelitian ini didekati dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang memakai metodologi kualitatif dalam hal pengkajian terhadap realitas/fenomena dan menggambarkannya secara deskriptif guna melahirkan teori atau proposisi tertentu tentangnya. Dari hasil penelitian bahwa usaha/strategi yang dilakukan guru mata pelajaran Fikih membuat siswa menjadi terbiasa untuk melaksanakan ibadah shalat baik sendiri dan berjamaah di musholla sekolah, Mewajibkan shalat zhuhur berjamaah di musholla sekolah, membuat buku tentang kegiatan shalat bagi siswa, bekerja sama dengan guru-guru lainnya, melengkapi sarana dan prasarana untuk shalat, memotivasi siswa bahwa shalat itu kewajiban bagi umat Islam, melakukan moving kelas (membuat pelajaran di luar kelas), dan bukan belajar di kelas saja tetapi juga belajar di musholla agar siswa tidak merasa bosan. Sedangkan kendala-kendalanya adalah masih banyak siswa yang belum bisa membaca al-Quran, siswa yang belum terbiasa melaksanakan shalat, fasilitasnya kurang apalagi untuk berwudu, kurangnya kerjasama antara guru mata pelajaran Fikih dengan orangtua siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhammi, M.Ag. dan Nurfauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Strategi guru; Fikih; Shalat; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:00 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8372 |
Actions (login required)
View Item |