Zuairiah, Zuairiah (2023) Problematika guru dalam menerapkan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1720500130.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu terjadinya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013, sehingga sistem penilaiannya berubah. Pada KTSP masih menggunakan penilaian tradisional artinya masih berfokus pada aspek pengetahuan saja, sedangkan pada kurikulum 2013 sudah menggunakan penilaian autentik yang meliputi ketiga aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena cakupan penilaiannya yang sangat banyak maka membutuhkan pengetahuan dan pemahaman guru terhadap penilaian autentik ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa problematika guru dalam perencanaan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal?, (2) Apa problematika guru dalam pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal?, dan (3) Apa problematika guru dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui problematika guru dalam perencanaan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, (2) Untuk mengetahui problematika guru dalam pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, dan (3) Untuk mengetahui problematika guru dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Istrumen dalam pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan studi dokumen. Pengolahan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Problematika guru dalam dalam perencanaan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal yaitu kesulitan dalam menentukan kompetensi sikap yang akan dinilai, kesulitan dalam menyusun indikator tampilan sikap, kecenderungan memilih teknik penilaian selalu menggunakan lembar pengamatan, dan kesulitan dalam membuat lembar penilaian sikap, (2) Problematika guru dalam pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal yaitu tidak menginformasikan rencana penilaian autentik kompetensi sikap kepada peserta didik, alokasi waktu yang kurang, banyaknya jumlah siswa, dan kurangnya kreativitas guru dalam melaksanakan penilaian autentik kompetensi sikap, dan (3) Problematika guru dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap di SDN 025 Huraba Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal yaitu kesulitan dalam mengolah nilai, dikarenakan banyaknya nilai yang harus dijumlahkan dan terkendala dalam menggunakan komputer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Hamidah, M.Pd. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd. |
Keywords: | Problematika; Penilaian autentik; Kompetensi sikap |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 07:40 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 07:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8362 |
Actions (login required)
View Item |