Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran example non example dalam mata pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 025 Huraba Kabupaten Mandailing Natal

Madaniah, Nur (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran example non example dalam mata pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 025 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 025 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional dimana model pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa hanya menerima materi apa yang disampaikan oleh guru saja. Serta penerapan model pembelajaran yang kurang menarik merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu penerapan model pembelajaran yang menyenangkan agar siswa lebih berminat dan termotivasi untuk belajar sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: apakah penggunaan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran IPA pada materi gaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 025 Huraba Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 025Huraba Kabupaten Mandailing Natal yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan model example non example dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil belajar siswa, prasiklus yaitu nilai rata-rata kelas 61,75 dengan persentase ketuntasan 40%, pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas 68,75 dengan persentase ketuntasan 50%, pada pertemuanke- 2 nilai rata-rata kelas 72,25 dengan persentase ketuntasan 60%, sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 77,25 dengan persentase ketuntasan 75%, pada pertemuan ke-2 siklus II nilai rata-rata kelas 82,25 dengan nilai persentase 85%, karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Model example non example; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:31
Last Modified: 15 Feb 2023 07:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8361

Actions (login required)

View Item View Item