Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran syariah Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan

Pulungan, Purnama Sari (2022) Strategi pemasaran syariah Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang penjualan madu langsung dari hasil ternak lebah trigona yang terletak di Jl. Sudirman No. 397 A, Sadabuan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Usaha ini sudah menjualkan madu ke berbagai daerah di Indonesia. Namun, berdasarkan hasil survei peneliti menemukan masih banyak masyarakat Padangsidimpuan yang belum mengetahui Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan. Hal tersebut mengakibatkan penjualan online jauh lebih tinggi dibandingkan penjualan offline. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah di Rumah Madu Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran syariah yaitu etika pemasaran syariah dan strategi pemasaran dalam ekonomi islam serta strategi pemasaran yaitu, bauran pemasaran dengan 4P(product, price, place dan promotion), analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, dan threath)dan matriks SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan tektik observasi, wawancara dengan subjek penelitian, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Tahap pengumpulan data yaitu menggunakan matriks IFAS dan Matriks EFAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis pada tabel IFAS, faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total 3,12. Karena total skor diatas 2,5, berarti ini mengindikasikan posisi internal pada perusahaan begitu kuat. Hasil analisis pada tabel matriks EFAS faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 3,04. Berarti ini mengidentifikasikan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dan meminimalisir ancaman-ancaman yang ada diperusahaan. Secara garis besar ditemukan bahwa, strategi yang digunakan oleh Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan dalam mengimplementasikan strategi pemasarannya sudah sesuai dengan prinsip ekonomi islam. Karakteristik yang dijalankan oleh Usaha Rumah Madu Padangsidimpuan sesuai dengan landasan pada konsep strategi pemasaran dalam islam antara lain: Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (akhlaqiyyah) Humanistis (Insaniyyah), Realistis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Damri Batubara, M.A.
Keywords: Strategi; Pemasaran; Usaha rumah madu padangsidimpuan; Matriks IFAS dan EFAS
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:28
Last Modified: 09 Feb 2023 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item