Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan saintifik berbasis media poster untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa tema cita-cita SD Negeri Mandala Aek Horsik Kabupaten Tapanuli Selatan

Mega, Rona (2023) Penerapan pendekatan saintifik berbasis media poster untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa tema cita-cita SD Negeri Mandala Aek Horsik Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latari belakangi dari masalahi iini iadalah isiswa belum sepenuhnya terampil dalam mengunakan media poster pada materi keterampilan berbicara siswa, kelas IV SD Negeri Mandala Aek Horsik Kabupaten Tapanuli Selatan. Memiliki nilai keterampilan berbicara yang masih irendah. ihal iitu bisai iterlihat iberdasarkan isikap dan jawaban isiswa pada saat belajar bahasa Indonesia, dan di saat diberikan tes awal mengenai media poster dan keterampilan berbicara. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi tema cita-citaku dalam pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Mandala Aek Horsik. Penelitianii ini imerupakan ipenelitian itindakan ikelas (PTK) idengan metodei isiklus. iDalam ipenelitian iini ipeneliti ibertugas isebagai guru. iSubjek dalami i penelitian iini iadalah isiswa ikelas IV SD Negeri Mandala Aek Horsik. Tekniki ipengumpulan idata idalam ipenelitian iini iyaitu iobservasi idan tes. Tekniki ianalisis idata iyang idigunakan iadalah iteknik ikualitatif ideskriptif idan kuantitatifi. Berdasarkani ihasil ipenelitian idapat idisimpulkan ibahwa keterampilan berbicara isiswa ikelas IV SD Negeri Mandala Aek Horsik mengalami peningkatan melalui pemblajaran menggunakan media poster. Peningkatan keterampilan berbicara isiswa iditunjukkan iberdasarkan ihasil tes iyang itelah di persentasekan pada isiklus I dengan perentasi 37,5% menjadi 56,25% pada siklus II terdapat 68,75% menjadi 87,5%. Karena peningkatan keterampilan berbicara siswa telahi imencapai isesuai idengan iyang idiharapkan. iOleh ikarna itui dapati idisimpulkan ibahwa ipembelajaran menggunakan media poster tema cita-citaku dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam materi tema cita-citaku pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Media poster; Keterampilan berbicara; Pendekatan saintifik tema cita-citaku pada pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Feb 2023 09:07
Last Modified: 07 Feb 2023 09:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item