Fitriani, Devi (2022) Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran tematik materi bagian-bagian tumbuhan untuk peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh, mengantuk dan tidak menyukai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) karena pembelajarannya dominan membahas tentang teori, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang ide, imajinasi siswa yaitu berupa media pembelajaran Pop Up Book materi bagian-bagian tumbuhan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana rancangan dan praktikalitas media pembelajaran Pop Up Book untuk peningkatan hasil belajar siswa materi Bagian-bagian Tumbuhan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan penggunaan media pembelajaran, dan kepraktikalitasan media pembelajaran Pop Up Book materi Bagian-bagian Tumbuhan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan dengan subjek uji coba produk dikelas IV-A berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 82% (valid), ahli media sebesar 100% (valid), dan ahli bahasa sebesar 92% (sangat valid), hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 91,3% dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan telah dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 82%. Selanjutnya hasil pemberian soal pretest dan postest dilakukan uji signifikansi dengan menggunakan program SPSS versi 23 dengan sig (2 tailed) = 0, 00<0,05, artinya adanya peningkatan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran Pop Up Book dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran pop up book; Pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 09:01 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 09:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8339 |
Actions (login required)
View Item |