Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui penerapan tutor sebaya pada kelas VII SMP Negeri 2 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Febriana (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui penerapan tutor sebaya pada kelas VII SMP Negeri 2 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Portibi. Segitiga merupakan salah satu komponen matematika yang sangat penting yang harus dipahami setiap siswa, tetapi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Portibi masih rendah hasil belajar matematika dari materi segitiga tersebut. Di lokasi ini guru tidak menggunakan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengguna metode penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Portibi. Kemudian yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui menigkatkan hasil belajar siswa dalam metode penerapan tutor sebaya di SMP Negeri 2 Portibi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas penelitian ini terdiri dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus diadakan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Portibi. Instrument penelitian ini adalah tes dan observasi. Penerapan metode penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, mulai keantusiasan, aktif mendengarkan, aktif bertanya jawab dan aktif dalam kegiatan kelompok. Skor rata-rata yang diperoleh setelah mengikuti tes akhir di siklus I maupun siklus II setelah menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya mengalami peningkatan, walaupun peningkatannya tidak terlalu signifikan yaitu 66,56% meningkat menjadi 88,43% artinya mengalami peningkatan sekitar 21,87%. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I terdapat 9 siswa yang berada pada kategori tuntas dengan persentase 56,25%. Pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa dengan persentase 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar matematika; Segitiga; Penerapan metode tutor sebaya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:48
Last Modified: 03 Feb 2023 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item