Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai pancasila pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan

Hariyanti, Febi (2022) Pengembangan media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai pancasila pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah nya nilai sikap siswa terutama pada sikap nilai-nilai Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Serta kurangnya penerapan media audio visual di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan selatan. Hal ini berdasarkan nilai sikap siswa yang rendah dan kurangnya guru dalam menerapkan media pembelajaran dalam proses mengajar di kelas, terutama di kelas V. Sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang disampaikan guru. Melihat dari permasalahan di atas, agar tujuan pembelajaran dapat dicapai sesuai dengan kurikulum K-13 terutama pada penilaian sikap, maka diperlukan media yang sesuai dengan materi, salah satu nya media audio visual. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu 1) Merancang media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsdimpuan Selatan dan 2) untuk praktikalitas media audio visual untuk peningkatan nilai-nilai Pancasila pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan dengan subjek uji coba produk dikelas VA berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 85% (sangat valid), ahli media sebesar 92% (sangat valid), dan ahli bahasa sebesar 92% (sangat valid), hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 89,6% dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 85%. Hasil Penilaian sikap nilai Pancasila yang dilakukan sebelum diterapkan media dan sesudah diterapkannya media terjadi peningkatan yang signifikan antara sikap nilai Pancasila siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media audio visual yaitu 76% sebelum diterapkan media, dan sesudah dilakukan uji coba produk diperoleh hasil yaitu 85%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Audio visual; Peningkatan nilai Pancasila
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:20
Last Modified: 02 Feb 2023 09:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item