Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan media papan garis bilangan pada siswa Kelas IV SD N 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara

Siagian, Delisma Sari (2023) Upaya meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan media papan garis bilangan pada siswa Kelas IV SD N 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Minimnya pengetahuan tentang ide matematika khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di SDN 115470 Aek Nabara Kecamatan Kulauh Hulu menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Siswa kurang menguasai konsep operasi hitung bilangan bulat karena guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat. Metode yang digunakan guru yaitu metode konvensional. Siswa biasanya kurang aktif daripada guru. Berdasarkan konteks tersebut, maka rumusan masalah penelitian adalah, Apakah dengan penggunaan media papan garis bilangan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN 115470 Aek Nabara dapat meningkat?. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan media papan perjalanan pada siswa kelas IV SD N 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti sendiri merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. 15 siswa di kelas IV dijadikan sebagai peserta penelitian. Tes dan observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing melibatkan dua sesi dengan menggunakan media papan garis bilangan. Berdasarkan temuan penelitian, pemahaman konsep siswa meningkat pada siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 13,3%, dari 40% menjadi 53,3%, dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2, sebesar 12,7%, dari 73,3% menjadi 86%. Dan peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 46% dari 40% menjadi 86%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemahaman siswa kelas IV SD N 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara terhadap konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat meningkat dengan penggunaan media papan garis bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Pemahaman konsep; penjumlahan dan pengurangan; media papan garis bilangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:43
Last Modified: 02 Feb 2023 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item